Rabu, 28 September 2016

Membuat Desain Benda Pakai

 Salah satu hal yang harus diperhatikan dalam membuat desain benda pakai adalah memerhatikan aspek kenyamanan. Yang disebut nyaman adalah benda yang kita desain dapat memenuhi fungsi secara baik atau optimal. Mendesain tempat minum yang baik adalah bila disain itu diterapkan, maka benda yang dibuat akan nyaman sebagai tempat minum.

a. Membuat Desain Pola Batik Daerah Pekalongan
    Membuat desain (pola) batik Pekalongan sebenarnya sama dengan membuat batik daerah lainnya. Di dalam pola batik tradisional biasanya terdiri dari tiga unsur pokok, yaitu:
1.) Motif pokok
2.) Motf isen
3.) Motif pengisi bidang

1.) Motif Pokok
     Motif pokok, yaitu motif yang menjadi motif inti dari keseluruhan pola pada batik. Biasanya motif pokok ini juga menjadi nama dari jenis batik. Misalnya, motif pokok bunga buketan menjadi nama batik buketan.

2.) Motif Isen
     Motif isen, yaitu motif yang berfungsi untuk mengisi (melengkapi) motif pokok. Motif isen biasanya berbentuk garis-garis. Ada berbagai corak motif isen, bahkan seorang perajin dapat menciptakan motif isen tersendiri. Perajin-perajin batik Pekalongan yang terdiri dari kaum wanita sangat mahir menciptakan motif-motif ini secara otodidak.

3.) Motif Pengisi Bidang
     Motif ini merupakan motif diluar motif pokok yang mengisi bidang keseluruhan batik. Motif pengisi bidang bentuknya lebih kecil dari motif pokok.
     Motif pengisi bidang adalah motif yang berfungsi menghias bidang kain batik pokok. Seperti motif isen, motif pengisi bidang juga terdiri dari banyak ragam karena setiap perajin dapat menciptakan variasinya tersendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar