Minggu, 25 September 2016

Bentuk-Bentuk Karya Seni Rupa Terapan Daerah Setempat

 Bentuk merupakan wujud yang ditampilkan atau yang tampak sehingga dapat dilihat dan diraba. Bentuk-bentuk yang ditampilkan dalam karya seni rupa umumnya tidak hanya sebatas menata atau menyusun unsur-unsur seni rupa seperti, garis, warna, dan tekstur, tetapi juga sebagai simbol-simbol tertentu yang memiliki makna tertentu pula.
  Bentuk-bentuk karya seni rupa berdasarkan ukuran (dimensi) dapat dibedakan menjadi beberapa bentuk berikut ini.

a. Seni Rupa Dua Dimensi (2D)
    Seni rupa dua dimensi merupakan karya seni rupa yang memiliki ukuran panjang, dan lebar berbentuk bidang, seperti lukisan, karikatur, batik, ilustrasi, dan grafis. Karya seni rupa dua dimensi bisa dilihat dari corak kain batik yang berasal dari Garut, kain batik Pekalongan, dan kain batik Cirebon.

b. Seni Rupa Tiga Dimensi (3D)
    Seni rupa tiga dimensi merupakan karya seni rupa yang memiliki ukuran panjang, lebar, dan tinggi sehingga berbentuk bangun atau ruang (volume), seperti patung, bangunan (bangunan arsitektur), seni instalasi, dan keramik. Seni rupa tiga dimensi dapat dinikmati dari berbagai arah. Di indonesia, karya seni rupa tiga dimensi yang dihasilkan dapat berbeda-beda, seperti bentuk patung yang berasal dari Pulau Nias berbeda dengan patung Suku Asmat dari Papua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar