Kamis, 20 Oktober 2016

Mengenal Lagu-Lagu Permainan Pergaulan Daerah Setempat

  Hampir di setiap daerah di Indonesia terdapat lagu-lagu permainan pergaulan yang biasa digunakan sebagai medi bermain anak-anak.
  Lagu-lagu permainan pergaulan ini di setiap daerah memiliki keunikannya tersendiri. Misalnya, lagu Cublak-Cublak Suweng di Jawa Tengah dan Jawa Timur digunakan anak-anak untuk bermain Cublak-Cublak Suweng.
  Anak-anak di jakarta mengenal lagu permainan Ular Naga. Ketika bermain ular naga, anak-anak berbaris panjang sambil berpegangan pada baju temannya. Di sunda dikenal lagu Tokecang, Lagu Cingciripitdan lagu Cacaburange. Lagu-lagu permainan anak ini biasanya memiliki lirik lagu yang pendek dan bersifat jenaka. 
  Di daerah maluku dikenal lagu rasa sayange, bahkan lagu permainan pergaulan ini sudah menjadi lagu yang dikenal di hampir seluruh pelosok Nusantara. Lagu Rasa Sayange sering kali digunakan untuk berbalas pantun pada acara kepramukaan ataupun kegiatan para pemuda dan pemudi dalam berbagai kesempatan.
  Selain lagu Rasa Sayange, lagu Ayo Mama dari Maluku juga sudah dikenal luas masyarakat kita. Lagu ini pun sering digunakan untuk permainan dalam acara-acara kepramukaan, bahkan lirik lagunya sering kali disesuaikan dengan acara yang diadakan.

 Berikut ini beberapa contoh lagu permainan pergaulan dari daerah Jawa.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar